BANUA A'PA TONGKONAN ANNAN PULONA BASSE SANGTEMPE (BASTEM)

Bastem,Negeri Para Bangsawan Yang Terlupakan

Basse Sangtempe atau disingkat Bastem adalah nama suatu wilayah yang terletak di lereng sebelah timur dari Gunung Latimojong, Kabupaten Luwu dan terletak disebelah timur dari Tana Toraja.  

Rumah Adat Tongkonan Bastem biasa juga disebut Banua Kaparengngesan

Saat ini Bastem terbagi atas dua Kecamatan yaitu Kecamatan Bastem Utara dan Kecamatan Bastem. 
Didalam diri orang Bastem mengalir darah orang Toraja-Luwu yang dapat di buktikan lewat silsilah garis keturunan, adat istiadat dan bentuk Rumah adat (Banua Tongkonan) yang merupakan perpaduan antara Rumah adat Toraja dengan Luwu (Model rumah adat luwu yang diukir dengan ukiran Toraja). 

Menurut sejarah leluhur nama Basse Sangtempe' di berikan oleh seorang Bangsawan Bastem sekaligus sebagai seorang pemberani yang bernama Puang Sanggalangi' yang merupakan orang berjasa yang telah membebaskan salah seorang perwira militet keDatuan atau kerajaan Luwu (La Sakkariari) yang telah di tawan oleh Mangkau' ri Bone. 

Puang Sanggalangi' merupakan generasi ke IV dari Puang ri Tede yang merupakan pembawa sukaran aluk di Bastem bagian utara. Adat istiadat yang dibawah Puang ri Tede dalam upacara rambu solo' (Upacara kematian) biasanya dikenal dengan nama aluk pa'tanduk tabang dan ada pula disebut aluk pa'pangaji'. Konon menurut sejarah lisan dari leluhur aluk pa'pangaji' merupakan aluk tertinggi dimana tiada yang bisa menyamai (sanda saratu' pun tidak) dengan korban kerbau 100 ekor pada tiap jenisnya (misalnya 100 ekor Saleko, 100 ekor Bonga, Seratus ekor balian, 100 ekor pudu', seratus ekor todi', seratus ekor sambao dan seterusnya diluar hewan-hewan yang lain), setelah Puang ri Tede mangkat tiada lagi yang sanggup melaksankan aluk pa'pangaji' karena begitu beratnya sehingga gelar puang ri Tede tiada lagi yang meneruskan. 

Di bagian selatan Bastem dahulu dipimpin oleh Bangsawan bernama Puang ri Tabang dari Batu Borrong yang merupakan pusat peradaban tua di bastem bagian selatan. 

Sitem Pemerintahan adat Bastem dipimpin oleh pemangku adat yang bergelar To Parengnge' dan sebagian pula bergelar Puang. Wilayah adat Basse Sangtempe (Bastem) dipimpin oleh 60 Kaparengngesan (Pemangku Adat) di masing-masing Tongkonan yang biasa disebut Banua A'pa' Tongkonan Annan Pulona, disebut Banua A'pa' karena ada 4 wilayah pusat pemerintahan adat yang mewakili masing-masing 15 kaparengesan, seperti : 

I. Tongkonan Sendana di Pantilang yang didirikan oleh Puang Palalla' dengan istrinya Lai' Kandarok. Tongkonan Sendana disebut wilayah adat Issong Kalua' yang artinya pusat perekonomian (To Tang Pa'de Apinna) yang mengkoordinir 15 wilayah kaparengesan, yaitu 
1. Parengnge’ Awa’
2. Parengnge’ Andulan
3. Parengnge’ Batu
4. Parengnge’ Belambang
5. Parengnge’ Dampan
6. Parengnge’ Karatuan Urraso
7. Parengnge’ Lempangan
8. Parengnge’ Langda Tede
9. Parengnge’ Langi’ Pangiu
10. Parengnge’ Nyamen
11. Parengnge’ Pa’lak
12. Parengnge’ Paniki
13. Parengnge’ Tondok Ba’ru
14. Parengnge’ Tanete
15. Parengnge’ Tallang

II. Tongkonan A'riri Bassi di To'Bua-Maindo yang didirikan oleh Tangkokian dengan suaminya Lankai dari sa'dan balusu, disebut a'riri bassi karena tongkonan ini merupakan pusat pertahanan & keamanan wilayah yang juga mengkoordinir 15 wilayah Kaparengngesan, yaitu : 
1. Parengnge’ Buntu Simbolong
2. Parengnge’ Banua Tonggo Kalambe' 
3. Parengnge’ Barana
4. Parengnge’ Killing
5. Parengnge’ Loko’
6. Parengnge’ Ma’tik
7. Parengnge’ Marintang
8. Parengnge’ Malian
9. Parengnge’ Panga’
10. Parengnge’ Sa’ku’
11. Parengnge’ Sangtanete
12. Parengnge’ Sumalu
13. Parengnge’ To Tabang Limbong
14. Parengnge’ Tongka’
15. Parengnge’ Ta’ba’ 

III.Tongkonan Sembang Kada-Konglenglangi di Kanna sebagai pusat kehakiman dan peradilan yang juga mengkoordinir 15 wilayah kaparengesan, yaitu :
1. Parengnge’ Ammpinni
2. Parengnge’ Andulan
3. Parengnge’ Kanna’
4. Parengnge’ Kalapu
5. Parengnge’ Kaneka
6. Parengnge’ Lissaga
7. Parengnge’ Lebusan
8. Parengnge’ Ojo
9. Parengnge’ Pabolon
10. Parengnge’ Polloktondok
11. Parengnge’ Rea
12. Parengnge’ Ta’bi
13. Parengnge’ To’long
14. Parengnge’ Tiroan
15. Parengnge’ Tabuan
16. Parengnge’ Tangke

IV. Tongkonan Balimbing Kalua' Landi Bolu yang berfungsi sebagai perlindungan dan pendidikan serta mengkoordinir 15 wilayah kaparengesan, yaitu : 
1. Parengnge’ Bolu
2. Parengnge’ Bara’ba
3. Parengnge’ Kira’
4. Parengnge’ Kayu Asik
5. Parengnge’ Lebannu
6. Parengnge’ Langda
7. Parengnge’ Ledan
8. Parengnge’ Mengkepak
9. Parengnge’ Pangi
10. Parengnge’ Paredean
11. Parengnge’ Pangka
12. Parengnge’ Pemanukan
13. Parengnge’ Pangngalloan
14. Parengnge’ Rante
15. Parengnge’ To Pangi

Masyarakat dalam wilayah (lili'na) Basse sangtempe tidak bisa dipisahkan satu sama lain karena hubungan pertalian darah yang saling mengikat dan memegang teguh semboyan "Sangrodoan Tinting,Sang Tirimbakan Pajo - Pajo,Sangnonian La'pa - La'pa". Yang artinya, "seia sekata dan saling menopang satu sama lain". Namun di era modern, jika kita melihat dengan kacamata kita dalam kenyataannya semboyan ini seakan sudah luntur dari dalam diri orang bastem, seakan-akan ingin saling menjatuhkan dalam bahasa torajanya si sumpa' hal ini karena ego yang di utamakan dan kurangnya persatuan diantara kita, mungkin ini juga merupakan salah satu faktor tana bastem merupakan salah satu daerah yang tertinggal, misalnya ; akses jalan yang sulit dilalui karena tidak adanya pengaspalan dan kondisi paling parah pada musim hujan dimana jalanan sudah bercampur lumpur. Tidak bisa terbayangkan penderitaan masyarakat yang sering melaluinya.

Selain kaya akan sumberdaya alam emas, batubara, bijih besi dan sebagainya, potensi besar untuk menjadikan daerah Bastem sebagai tujuan wisata sangatlah cocok dengan didukung oleh pemandangan yang indah dan sejuk serta peninggalan-peninggalan sejarah oleh leluhur yang unik dan membuat kita merasa penasaran untuk mengunjunginya. 

Semoga kelak bukan lagi penderitaan, rasa kejengkelan, dan sedih terlihat dari raut wajah rakyat saat melintasi jalanan menuju ke bastem melainkan senyum kebahagiaan, canda dan tawa yang mengisi perjalanan kita. Akhir kata, sebagai generasi muda semoga kita bisa merenung dan disertai tindakan nyata berbuat untuk mensejahterakan tanah kelahiran leluhur kita atau setidaknya kita mempunyai persepsi untuk memperhatikan ketidak adilan yang dialami saudara kita di nusantara yang tercinta ini. Salam sejahtera bagi kita semua.

_intip_paongananbastem
_AHP

Komentar